Menu Close

Karakteristik dan Contoh Makalah Lengkap

Karakteristik dan Contoh Makalah Lengkap

Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai karakteristik, kategori, dan contoh makalah lengkap. https://www.ruangguru.co.id/ memang sangat dibutuhkan oleh banyak pelajar dan mahasiswa yang membuat tugas untuk menulis sebuah makalah. Namun, kita juga perlu mengetahui terlebih dahulu apa pengertian dari sebuah makalah. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, ada dua arti dari sebuah makalah. Pertama, makalah adalah tulisan resmi tentang suatu pokok yang dimaksudkan untuk dibacakan di muka umum dalam suatu persidangan dan yang sering disusun untuk diterbitkan. Kedua, makalah diartikan sebagai karya tulis pelajar atau mahasiswa sebagai laporan hasil pelaksanaan tugas sekolah atau perguruan tinggi.

Setelah mengetahui pengertian dari sebuah makalah, kita juga perlu tahu karakteristik yang membedakan antara makalah dengan karya tulis lain seperti paper dan jurnal ilmiah. Berikut adalah karakteristik dari ketiga karya tulis tersebut :

Karakteristik dan Contoh Makalah Lengkap
  1. Karakteristik Makalah

Makalah memiliki karakteristik yakni membahas atau menelaah sebuah kajian literatur yang sudah ada atau dari laporan proses dari sebuah kegiatan. Seringkali yang mendapat tugas untuk menulis makalah adalah mahasiswa yang biasanya digunakan untuk dipresentasikan pada mata kuliah tertentu, forum diskusi, sidang, hingga sebuah acara seminar. Sebagai karya tulis yang bersifat ilmiah, makalah harus disusun secara sistematis mulai dari Pendahuluan, Isi, dan Penutup.

  • Karakteristik Paper

Paper merupakan sebuah karya tulis ilmiah yang biasanya digunakan untuk mendokumentasikan sebuah riset / penelitian yang baru. Tetapi, paper juga tidak menutup kemungkinan untuk disusun untuk review dari penelitian yang sudah ada. Bagian pokok dari sebuah paper adalah Topik, Data, dan Argumen.

  • Karakteristik Jurnal Ilmiah

Jurnal ilmiah adalah sebuha karya tulis yang berupa media kumpulan karya ilmiah yang diterbitkan setiap kurun waktu tertentu. Sebelum dapat dipublikasikan, jurnal ilmiah harus melalui proses review untuk menyeleksi serta memastikan apakah satu paper atau makalah yang di submit ke jurnal tersebut layak atau tidak untuk dipublikasikan. Orang-orang yang dapat melakukan proses review tentu harus seorang atau beberapa pemeriksa yang juga merupakan pakar atau akademisi di bagian yang dikaji.

Sebelum membuat makalah memang kita perlu memahami terlebih dahulu bagaimana karakteristik dari sebuah makalah. Sehingga, makalah yang kita susun tersebut benar dan sesuai dengan aturan.