Menu Close

Gejala dan Penyebab Sakit Kepala

Gejala dan Penyebab Sakit Kepala
Gejala dan Penyebab Sakit Kepala

Sakit kepala merupakan hal yang mungkin sering terjadi pada setiap orang. Sakit kepala bukan lagi hal yang asing bagi kita. Menurut alodokter.com sakit kepala adalah rasa sakit atau nyeri di kepala yang dapat muncul secara bertahap atau mendadak. Nyeri ini dapat muncul pada salah satu sisi kepala atau di seluruh bagian kepala. Sakit kepala bisa terasa ringan hingga berat, dan dapat berlangsung beberapa jam hingga berhari-hari. Tahukah kamu apa penyebab sakit kepala? Penyebab sakit kepala adalah karena aktifnya saraf nyeri di kepala. Kondisi ini dapat dipicu oleh beberapa perilaku sehari-hari seperti kurang tidur atau telat makan, sakit gigi, infeksi telinga, migrain, tumor otak atau hipertensi. Untuk mengetahui penyebab sakit kepala, penderita disarankan untuk memperhatikan perilaku sehari-hari yang mungkin menjadi penyebab sakit kepala. Penyebab gangguan tersebut dapat berupa perilaku atau gaya hidup, maupun suatu kondisi atau penyakit. Beberapa perilaku yang dapat memicu timbulnya sakit kepala adalah mengonsumsi minuman berkafein secara berlebihan, minum alkohol, perubahan pola tidur, telat makan, kebiasaan mengikat rambut terlalu kencang atau mengenakan helm yang terlalu sempit, dan olah raga berlebihan. 

Penyakit-penyakit yang dapat mengakibatkan keluhan sakit kepala antara lain adalah penyakit di daerah wajah seperti sinusitis, glaukoma, sakit gigi, atau trigeminal neuralgia. Trgeminal neuralgia adalah rasa nyeri kronis akibat gangguan pada saraf trgeminal atau saraf kelima dari dua belas pasang saraf yang bersal dari otak. Selain itu, ada penyakit di jantung seperti jantung koroner. Penyakit di otak yang dapat menjadi penyebab dari sakit kepala adalah stroke, kelainan bentuk atau peradangan pembuluh darah otak, radang otak, dan meningitis. Meningitis adalah peradangan yang terjadi apda meningen atau lapisan pelindung yang menyelimuti otak dan saraf tulang belakang. Gangguan mental juga dapat membuat sakit kepala seperti gangguan panik, gangguan cemas, gangguan tidur, dan depresi.

Setelah mengetahui penyebab sakit kepala, kamu juga harus mengenal gejala dari penyakit ini. Apa saja gejalanya? Gejala sakit kepala adalah sakit atau nyeri di kepala yang terkadang dapat menyebar ke bagian wajah, leher atau bahu. Menurut halodoc.com saat terserang sakit kepala, gejala yang biasanya akan dialami adalah rasa sakit di sekitar kepala, namun ada beberapa gejala yang juga menyertainya seperti leher kaku, kehilangan kesadaran, gangguan pada penglihatan, demam tinggi, salah satu sisi tubuh menjadi lemah atau lumpuh, dan sulit berjalan. 

Bagaiamana cara mengobati sakit kepala? Pengobatan untuk sakit kepala cukup bervariasi, tergantung gejala yang dialami dan penyebab terjadinya. Ada beberapa obat-obatan seperti aspirin, ibuprofen dan asetaminofen. Bila obat-obatan tidak mempan, kamu dapat melakukan hal ini untuk mengobati sakit kepala.

  1. Akupuntur

Ini adalah terapi alternatif yang dapat mengurangi stres dan ketegangan di kepala dengan memasang jarum halus ke area tertentu.

  1. Biofeedback

Ini adalah teknik realksaasi yang dapat membantu dalam manajemen nyeri

  1. Mandi air hangat dan olah raga teratur

Dengan mandi air hangat, kamu dapat merilekskan otot yang tegang. Olahraga ringan dapat membantu meningkatkan produksi bahan kimia di otak yang tentunya dapat membuat kamu merasa lebih bahagian dan rileks. Itulah hal-hal yang dapat kamu ketahui tentang sakit kepala seperti penyebab sakit kepala dan gejalanya. Kamu juga dapat mengatasi sakit kepala dengan melakukan pengobatan. Jika parah, silakan mengunjungi dokter.